Header Ads

Manfaat Pegagan: Tanaman Berkhasiat Sejak Ribuan Tahun



JavaMagazine
Manfaat daun pegagan (Centella asiatica) yang dipercaya sebagai obat herbal sejak dulu, terbukti efektif atasi berbagai masalah kesehatan.


Daun pegagan atau Centella asiatica merupakan tanaman yang tumbuh secara liar di negara-negara Asia seperti Tiongkok, Indonesia, Jepang, dan India.

Sejak ribuan tahun yang lalu, daun pegagan dipercaya untuk mengobati berbagai macam penyakit. Tanaman obat herbal ini biasa digunakan sebagai obat tradisional di Tiongkok dan India.

Umumnya, kita melihat kandungan Centella asiatica dalam perawatan wajah seperti pelembap dan serum. Namun, ternyata daun pegagan juga bermanfaat untuk mengobati dan mencegah berbagai permasalahan kesehatan tubuh.

Beberapa masalah kesehatan yang dapat diatasi dengan ramuan pegagan, di antaranya seperti meringankan insomnia, meredakan nyeri sendi, hingga mengobat penyakit Alzheimer.

Kandungan Daun Pegagan

Khasiatnya yang mampu mengobati berbagai penyakit mungkin karena kandungan nutrisinya yang melimpah. Berikut ini kandungan yang terdapat pada daun pegagan:

  • Asiaticoside
  • Thankuniside
  • Isothankuniside
  • Madecassoside
  • Brahmoside
  • Brahmic acid
  • Brahminoside
  • Madasiatic acid
  • Meso-inositol
  • Centelloside
  • Carotenoids
  • Hydrocotylin
  • Vellarine
  • Tanin
  • Kalium
  • Natrium
  • Magnesium
  • Kalsium 
  • Glikosida triterpenoida
  • Zat vellarine

Manfaat Daun Pegagan

Kandungan nutrisinya yang banyak, membuat ekstrak daun pegagan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Penasaran dengan manfaatnya? Simak daftarnya berikut ini:

1. Mengurangi Kecemasan, Stres dan Depresi

Daun pegagan dapat mengurangi kecemasan, stres, dan depresi dengan cara mengontrol aktivitas neurotransmiter yang disebut gamma-aminobutyric acid (GABA).

Kandungan asam asiatat di dalam daun pegagan dapat memicu penyerapan GABA oleh otak. Hal ini membuat daun pegagan menjadi obat herbal yang lebih aman dibanding obat-obat kimia lainnya untuk mengatasi gangguan kecemasan dan depresi.

2. Membantu Meringankan Insomnia

Mengingat kemampuannya untuk mengatasi gangguan kecemasan, stres, dan depresi, pegagan juga dapat digunakan untuk mengobati insomnia yang terkadang menyertai kondisi ini.

Beberapa orang menganggap obat herbal ini sebagai alternatif yang aman untuk obat resep yang digunakan untuk mengobati insomnia dan gangguan tidur lainnya.

3. Membantu Mengurangi Stretch Mark

Daun pegagan dapat mengurangi munculnya stretch mark dan mencegah munculnya selulit baru pada kulit.

Terpenoid yang ditemukan di pegagan dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Hal ini dapat membantu mencegah terbentuknya stretch mark baru, serta membantu menyembuhkan selulit yang sudah ada.

4. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka dan Bekas Luka

Pembalut luka atau obat luka yang mengandung pegagan memiliki efek penyembuhan pada berbagai jenis luka.

Oleskan salep yang mengandung ekstrak pegagan 1% ke daerah yang terkena luka seperti luka sayatan akibat benda tajam, robekan tidak teratur yang disebabkan oleh trauma benda tumpul, dan jaringan yang terinfeksi, beberapa kali sehari.

5. Membantu Meredakan Nyeri Sendi

Sifat anti-inflamasi pegagan berguna dalam mengobati radang sendi.

Mengonsumsi ekstrak pegagan dapat mengurangi peradangan sendi, erosi tulang rawan, dan erosi tulang. Efek antioksidannya juga berdampak positif pada sistem kekebalan tubuh.

6. Mengobati dan Mencegah Jerawat

Menggunakan obat jerawat atau serum yang mengandung centella asiatica dapat mempercepat proses pemulihan sekaligus membersihkan wajah dari jerawat tanpa meninggalkan bekas.

Selain itu, karena daun pegagan dinilai efektif dalam meningkatkan produksi kolagen, daun ini juga mampu mencegah pembentukan luka bekas jerawat atau hiperpigmentasi.

Meningkatkan produksi kolagen pada tubuh juga dinilai efektif untuk menghilangkan luka bekas jerawat.

7. Membantu Meningkatkan Fungsi Kognitif

Sebuah studi kecil tahun 2016 membandingkan efek ekstrak pegagan dan asam folat dalam meningkatkan fungsi kognitif setelah stroke.

Studi ini menilai dampaknya pada tiga kelompok peserta; satu mengonsumsi 1.000 miligram (mg) pegagan per hari, satu mengonsumsi 750 mg pegagan per hari, dan satu mengonsumsi 3 mg asam folat per hari.

Meskipun pegagan dan asam folat sama-sama bermanfaat dalam meningkatkan kognisi secara keseluruhan, pegagan lebih efektif dalam meningkatkan domain memori.

8. Membantu Mengobati Penyakit Alzheimer

Pegagan memiliki kemampuan untuk meningkatkan daya ingat dan fungsi saraf, yang memberikan potensi dalam mengobati penyakit Alzheimer.

Dalam penelitian, ekstrak pegagan memiliki efek sederhana dalam melindungi sel-sel otak dari toksisitas. Ekstrak pegagan juga dapat melindungi sel dari pembentukan plak yang terkait dengan Alzheimer.

9. Mengatasi Penuaan Dini

Semakin bertambahnya usia maka produksi kolagen alami di dalam tubuh juga akan semakin berkurang.

Padahal, kolagen merupakan protein yang memiliki peranan penting dalam mengatasi penuaan dini karena kolagen dapat menjaga elastisitas kulit terutama pada kulit wajah dan leher.

Menurut penelitian, daun pegagan secara efektif mampu membantu dalam produksi kolagen alami di dalam tubuh sehingga menghambat penuaan pada kulit wajah dan leher.

10. Memperlancar Sirkulasi Darah dan Mengurangi Pembengkakan

Penelitian pada 2001 menemukan bahwa pegagan dapat mengurangi masalah retensi cairan dan pembengkakan pergelangan kaki.

Penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa pegagan dapat bermanfaat dalam mengobati varises. Ini mungkin karena pegagan memiliki efek metabolik positif pada jaringan ikat dinding pembuluh darah.

11. Mengatasi Masalah Pencernaan

Diketahui memiliki kandungan antibakteri, daun pegagan dinilai efektif untuk mengatasi masalah pencernaan, seperti diare.

Sejumlah masalah pencernaan lainnya, seperti perut kembung dan asam lambung, juga dapat diatasi dengan mengonsumsi daun herbal ini.

Itulah manfaat dari daun pegagan bagi kesehatan tubuh. Walaupun sudah terbukti khasiatnya, beberapa masih perlu penelitian lebih lanjut.

Itulah manfaat dari daun pegagan bagi kesehatan tubuh. Walaupun sudah terbukti khasiatnya, beberapa masih perlu penelitian lebih lanjut.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.