Header Ads

Latihan Militer Pasukan Elite Dunia Sangat Ekstrim

Pasukan khusus Korea Selatan berlatih di daerah bersalju dengan bertelanjang dada
JavaMagazine - SEPERTI kita ketahui, menjadi tentara haruslah memiliki fisik dan mental yang kuat. Medan perang yang begitu ganas tentu tidak akan memberikan maaf dan kesempatan kedua untuk para tentara. Itulah sebabnya, para tentara dari seluruh dunia wajib mengikuti latihan keras, serta latihan yang sangat disiplin.
Berikut ini adalah barisan tentara dunia yang dikenal memiliki latihan keras dan tidak biasa;
1. US Navy SEAL ( Amerika Serikat)
Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) disebut SEAL, singkatan dari Sea, Air, and Land. Total, AS memiliki 8 tim SEAL.
Seperti diketahui, mereka pernah menewaskan pemimpin Al Qaeda dan Osama Bin Laden. SEAL dikenal dengan keberanian dan kekuatan mereka. Tidak heran, metode latihan SEAL cukup berat dan keras. Bahkan data yang ada menyebutkan, angka putus sekolah (pendidikan) SEAL hampir 75-80% pada saat latihan berakhir. Dengan latihan keras, tak heran jika pasukan SEAL dikenal memiliki beberapa statistik menakjubkan, salah satunya di perang Vietnam.
2. Spetsnaz (Rusia)
Tentara Rusia khususnya Spetsnaz, diharuskan menahan rasa sakit dengan latihan yang terbilang tak masuk akal. Salah satu cara yang dilakukan yakni membakar beton dan meletakkan di atas perut seorang prajurit. Selanjutnya batu tersebut akan dipukul dengan palu oleh tentara lainnya. Tentu saja, tentara yang menahan beton tersebut tidak boleh bergerak atau bersuara sedikit pun.
Pasukan elit Rusia, Spetsnaz.
Bukan hanya itu, anggota tentara juga harus latihan menahan rasa sakit dengan cara ditembak dari jarak dekat. Meski menggunakan jaket anti peluru, banyak prajurit yang cedera karena tembakan yang begitu dekat di dada.
3. The Chinese People’s Liberation Army (China)
Beberapa tahun terakhir, China mewujudkan diri menjadi kekuatan militer baru yang menyaingi kehadiran militer Amerika Serikat di Asia dan Pasifik. Sebagai kekuatan militer terbesar di dunia, angkatan bersenjata China adalah sekelompok personel pasukan paling disiplin dan terlatih. Selain keras, tentara China juga dikenal dengan latihan militernya yang tak cukup saja dibilang aneh namun membahayakan keselamatan.
Para tentara merah China dipertaruhkan nyawanya dalam suatu latihan militer. Dalam latihan ini, mereka akan saling melemparkan granat dengan perhitungan waktu yang dituntut harus akurat. Tak main-main, granat yang dibuat berlatih merupakan granat aktif yang jika perhitungan mereka sedikit saja meleset, bisa dipastikan para tentara tersebut akan tewas dalam latihan. Latihan militer yang ekstrem ini disebut “Hot Potato”.
4. The Indian Army (India)
Tentara India sangat identik dengan kata “disiplin”. Kadet adalah sebutan para tentara di India. Para kadet tak bisa menghindari jadwal pelatihan terberat, yang dibuat secara ilmiah untuk GC (Gentleman Cadet) untuk mengembangkan atribut fisik dan mental mereka.
Latihan fisik meliputi latihan olahraga dan renang. Mereka diajarkan untuk bekerja sebagai tim setiap saat. Beberapa hukuman berat selama pelatihan termasuk Maharaja (mengangkat tubuh secara vertikal dengan dukungan kepala), merangkak di parit kabel, dan merayap di atas air dingin.
5. South Korean Special Warfare Forces (Korea Selatan)
Metode latihan para pasukan militer Korea Selatan adalah dengan memukul-mukul media tertentu. Di Korea Selatan, South Korean Special Warfare Forces (SKSWF) harus berlatih di luar ruangan saat musim dingin bersalju. Bahkan para anggota SKSWF hanya mengenakan sepatu boots dan celana panjang tanpa memakai baju saat berlatih.
Program latihannya meliputi berenang di sungai yang sudah membeku, berguling-guling dan merayap di daratan es sampai dengan berlatih perang di hutan di bawah suhu yang tak kalah ekstrem suhunya.
6. Storm Corp Soldiers (Korea Utara)
Korea Utara seakan identik dengan citra negara yang paling disiplin di dunia. Pemerintah Korea Utara tidak pernah secara terbuka menyatakan siapa saja anggota Korps Storm atau bagaimana mereka bekerja. Meski demikian, cerita pelatihan disiplin mereka akan membuat dingin tulang punggung kita.
Pasukan khusus Korea Utara
Latihan anggota Korps Storm antara lain pertarungan 3-15 lawan sekaligus, meninju pohon 5.000 kali, meninju kaleng-kaleng sampai tangan mereka robek, dan kemudian meninju garam. Tangan para anggota korps ini sekeras batu apabila kita berjabat tangan dengan mereka.
7. MI6 (Inggris)
MI6 juga dikenal sebagai Britain’s Secret Intelligence Service (SIS). Mereka bekerja sama dengan MI5. Barisan tentara ini sangat rahasia, sangat sulit, dan merupakan pekerjaan yang sangat disiplin.
MI6 memiliki cara paling brutal di antara yang lainnya untuk mengajarkan disiplin. Tentara mereka akan diminta untuk masuk ke kamar gas sambil mengenakan masker. Kemudian mereka harus melepas masker tersebut dan berlomba siapa saja yang bertahan paling lama sebelum jatuh pingsan.
8. Shayetet 13 (Israel)
Shayetet 13 kerap kali disebut-sebut memiliki kesamaan dengan Delta Force dan US Navy SEALS. Shayetet 13 Israel adalah salah satu kekuatan militer paling efisien di dunia. Pasukan tentara ini juga dikenal tertutup di antara pasukan pertahanan Israel.
Pelatihan mereka dilakukan selama 20 bulan. Selain senjata api dan latihan senjata berat, anggota Shayetet 13 diajarkan seni bela diri nasional Israel, yaitu Krav Maga. Shayetet 13 memiliki motto tidak resmi, “Ketika keadaan menjadi sulit, orang-orang Yahudi merasa kesal".
9. Militer Elite (Afrika Selatan)
Pasukan elite Afrika Selatan bak menjadi contoh lain dari pelatihan fisik dan mental yang tangguh. Tak kalah dengan pasukan militer dunia lainnya, tidak semua calon tentara sampai pada akhir pelatihan, terutama karena besarnya disiplin dan keterampilan yang terlibat dalam proses pelatihan.
Di kamp tempat mereka latihan, anggota tidak diberi makanan dan tidak diperbolehkan untuk tidur. Kemudian para pasukan melakukan latihan rintangan di semak belukar, makan 5 hari sekali, dan harus tidur dalam posisi berdiri untuk menjaga hyena (hewan khas Afrika sejenis beruang) menjauh. Selain kegiatan pelatihan reguler lainnya, mereka juga diwajibkan untuk mengikuti pelatihan parasut.
10. NAVSOG & CGSOG (Filipina)
Seluruh tentara di dunia diwajibkan agar selalu dalam kondisi sadar untuk menghadapi musuh. Hal itu menjadi sangat penting dalam melakukan penyerangan dan pertahanan. Namun, satuan tentara di Filipina yang di sebut dengan NAVSOG (Naval Special Operation Group) dan CGSOG (Coast Guard Special Operational Group) justru melakukan sebaliknya.
Salah satu menu latihan NAVSOG
Para tentara Filipina diwajibkan mabuk selama latihan. Hebatnya, sebagian besar mereka mampu menjalani tes fisik dan misi dalam keadaan mabuk. Contohnya adalah menembak, lari sejauh 16 km setiap hari, dan berenang sejauh 18 mil tanpa istirahat. Komandan mereka mengaku bahwa membuat para tentara mabuk bertujuan untuk mengetahui dan mengukur sejauh mana mereka menguasai diri dalam melaksanakan sebuah misi.
Tak kalah ekstrim adalah tentara Indonesia, dimana setiap kesatuan dan matra memiliki pasukan elit dan pasukan khusus yang diakui dunia karena kehebatannya dalam operasi militer, baik kemampuan individu maupun team. 
JavaMagazine akan membuat liputan khusus dalam tulisan tersendiri untuk memaparkan latihan-latihan pasukan elit tentara Indonesia yang sangat ekstrim untuk ukuran tentara internasional dari negara lain.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.