Header Ads

Jokowi Bangun Jembatan Papua senilai 800 Miliar


JavaMagazine ( Papua ) - Mungkin banyak masyarakat Indonesia yang tidak mengetahui, seberapa jauh pembangunan yang dilakukan pemerintah sekarang di era Presiden Joko Widodo di daerah-daerah yang jauh dari jangkauan berita dan pantauan media. 

Hal ini dikarenakan masih kentalnya kondisi politik para pelaku-pelaku dan praktisi politik sehingga acap abai dengan hal-hal yang harus diutamakan, termasuk pembangunan dan masa depan bangsa ini.

Mari kita melihat progres pembangunan pembangunan jembatan kebanggaan Jokowi, yang diharapkan bisa mensejahterakan masyarakat Papua khususnya dibidang ekonomi.

‎Jembatan yang dibangun ini menghubungkan dua pulau, yaitu pulau Toubati Enggros dengan kawasan Holtekamp‎ di Jayapura, Papua. Jembatan ini memiliki panjang 733 meter dan lebar 21 meter dan sanggup menampung empat lajur.

‎Total seluruh biaya pembuatan jembatan ini sejumlah Rp 1,5 triliun. Selama tiga tahun, APBN akan menyumbang pendanaan dengan total Rp 800 miliar. 

Bentang Tengah ( Center Span ) ke-2 Jembatan Holtekamp tiba di Jayapura, Selasa (2/01/2018) pukul 14.00 WIT. Dan tidak lama lagi Jembatan Kebanggan Jokowi ini akan terealisasi.

Jokowi ingin kehadiran jembatan ini tidak hanya sebagai distribusi logistik. Namun juga semakin mempercantik wajah Papua dengan desain futuristiknya.

Selain menghubungkan Pantai Holtekamp dengan Pantai Hamadi, pembangunan Jembatan Holtekamp juga diperuntukkan sebagai potensi wisata dan ikon Papua.

Jembatan Kebanggan Jokowi Hubungkan 2 Pulau di Papua

Panjang bentang tengah adalah 400 meter ditambah jembatan pendekat 332 meter yang terdiri 33 meter pendekat dari arah Hamadi dan 299 meter dari arah Holtekamp sehingga total panjang jembatan keseluruhan 732 meter.

Hasil akhir pembangunan jembatan kebanggaan Jokowi yang menghubungkan 2 pulau di Papua
Jembatan Megah Kebanggaan Jokowi di Papua

Jembatan ini akan memangkas jarak tempuh hingga 17 km antara distrik Jayapura Selatan ke Kota Jayapura. Hal ini berpengaruh pada waktu tempuh dari Kota Jayapura ke Muara Tami yang akan menuju Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw yang sebelumnya membutuhkan waktu 2,5 jam kini menjadi 60 menit


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.