Header Ads

Alasan Mengapa Kamu Harus Lebih Sering Bercinta


JavaMagazine.co.id - Bercinta, nyatanya bukan hanya soal kepuasan fisik dan kebutuhan biologis saja, namun sudah menyangkut kesehatan fisik, batin dan mental setiap orang secara umum. Orang mungkin mengira bercinta hanya soal nafsu, tapi sebenarnya ada banyak manfaatnya. Dan kamu perlu tahu bahwa bercinta lebih sering akan memberi lebih banyak manfaat. Ini alasan mengapa kamu dan pasangan perlu berhubungan intim lebih sering.
1. Seks membakar banyak kalori
Bercinta termasuk aktivitas fisik yang menguras tenaga dan termasuk dalam aktivitas kardio. Tak banyak yang tahu bahwa seks bisa melatih otot, kesehatan jantung, dan tubuh secara umum. penelitian tahun 2013 menunjukkan bahwa bercinta 25 menit ternyata membakar kurang lebih 101 kalori per sesinya.
2. Seks membuat tidur jadi nyenyak
Menurut Kristin Mark, PhD, direktur Sexual Health Promotion Lab di the University of Kentucky mengungkapkan bahwa bercinta memberikan efek relaksasi dan melepaskan hormon prolactin sehingga bisa membuat orang mengantuk dan tidur lebih nyenyak.
3. Seks bisa menurunkan tekanan darah
Penelitian 2005 di Scotlandia mengungkapkan bahwa mereka yang bercinta punya kadar tekanan darah lebih rendah dan stabil dibanding mereka yang tidak pernah bercinta. Ini berhubungan dengan tinggi rendahnya kadar stres yang ternyata juga bisa menaikkan tekanan darah.
4. Seks bisa menurunkan tingkat stres
bercinta, apalagi ketika sudah mencapai orgasme, menjadi salah satu aktivitas fisik yang memicu pelepasan hormon oksitosin dan endorfin sehingga bisa menghilangkan hormon stres dan membuatmu lebih bahagia dan tenang.


5. Seks menguatkan kesehatan jantung
Penelitian di Britania Raya menemukan bahwa bercinta dua kali seminggu punya efek kesehatan menjaga diri dari penyakit jantung dibanding mereka yang hanya bercinta sekali sebulan. Karena bercinta juga termasuk olahraga kardio yang melatih jantung.
6. Seks bisa mencegah kanker
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bercinta rutin akan menurunkan risiko kanker prostat pada pria dan mengurangi risiko kanker payudara pada wanita. Penelitian dari Perancis mengungkapkan bahwa wanita yang bercinta paling tidak sekali sebulan lebih rendah risikonya mengembangkan kanker payudara.
7. Seks meningkatkan kekebalan tubuh
Karena bercinta adalah aktivitas fisik yang melatih tubuh secara umum, tubuh lebih sehat secara alami dan tingkat sel darah putih lebih banyak untuk menjaga kekebalan tubuh dari penyakit. Penelitian dari Wilkes University menunjukkan bahwa bercinta 1-2 kali seminggu meningkatkan immunoglobulin A (IgA), antibodi yang mempertahankan diri dari penyakit.
8. Seks bisa meredakan nyeri dan sakit
Ketika tingkat stres berkurang dalam tubuh, secara alami tubuhmu tidak akan merasa sakit dan nyeri. Penelitian 2013 di Jerman mengungkapkan bahwa bercinta bisa mengurangi derita migrain hingga 60 persen. Endorfin yang dilepaskan otak membantu mengurangi rasa sakit.
9. Seks bikin panjang umur
Beberapa penelitian, tahun 1955 dan 1980 Duke University menemukan bahwa frekuensi bercinta berhubungan erat dengan tingkat panjang umur seseorang. Menikmati hubungan seksual bisa meningkatkan kesehatan dan panjang umur.
10. Seks menguatkan ikatan cinta dan kunci bahagia
Inilah hal terpenting yang bisa didapat dengan rutin bercinta. Kamu dan suami jadi lebih dekat dan intim secara batin dan bisa menjaga kedamaian serta keharmonisan rumah tangga.
Itu dia sekian alasan penting mengapa kamu harus rajin bercinta ladies. Yuk lebih bergairah untuk menjaga kesehatan bersama pasangan!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.