Header Ads

Kerang Pisau Hasilkan Minuman Sehat dan Bernilai Tinggi


JavaMagazine ( Jakarta ) - Kerang pisau dikenal mengandung antioksidan alami dan 17 asam amino dari sembilan asam amino esensial yang bermanfaat baik untuk tubuh. Dagingnya sering diolah menjadi camilan kaya nutrisi, sedang cangkangnya dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Maka, tidak heran bila kerang ini menjadi biota perairan nonikan yang memiliki nilai tinggi.
Menyadari peluang ekonomi yang lebih besar, Prof. Nurjanah bersama mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor (IPB) Santia Gardenia Widyaswari juga Kustiariyah Tarman melakukan penelitian terhadap kerang pisau yang dilihat dapat dirumuskan menjadi produk minuman sehat dan bernilai tinggi.
Dilansir dari laman IPB, Kamis (10/1/2018), kerang pisau yang digunakan berasal dari perairan pantai Cirebon, Jawa Barat. Bahan tambahan yang digunakan untuk formulasi adalah jahe, asam jawa, gula aren, maltodekstrin, karaginan, dan bahan uji lainnya.
“Penelitian ini dibagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap persiapan dan verifikasi bahan baku termasuk ekstraksi bahan baku dan penyimpanan, tahap perumusan minuman fungsional, dan tahap uji stabilitas produk,” tuturnya.
Percobaan ini menunjukkan formulasi terbaik minuman fungsional mengandung 0,20 dan 0,24 gram keang pisau.
"Berdasarkan hasil rata-rata penilaian panelis, secara organoleptis semua formula dapat diterima. Itu karena amis dan bau tengik dari kerang pisau bisa dinetralisir oleh jahe. Selain itu, jahe kering dengan kandungan shogaol dan zingeron menyumbang rasa pedas. Rasa pedas dan asam ini diperkirakan memberi rasa lezat pada formula minuman fungsional yang menyebabkan nilai organoleptik berada pada kisaran pilihan oleh panelis," tutupnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.