Header Ads

Kowad Serda Bella, Pengemudi Kendaraan Inspeksi Jokowi di HUT TNI


JavaMagazine (Jakarta) - Ada hal yang sedikit berbeda pada upacara peringatan HUT TNI ke-72 di Cilegon, Banten. Kendaraan inspeksi pasukan upacara oleh Presiden Joko Widodo dikemudikan seorang perempuan dari Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad), Serda Bella Paramita.

Serda Bella menjadi perempuan peratama dalam upacara HUT TNI yang mengemudikan kendaraan inspeksi pasukan oleh presiden. Di HUT TNI tahun-tahun sebelumnya, tugas pengemudi kendaraan inspeksi pasukan diemban oleh prajurit TNI pria yang terpilih dan sudah memiliki jam terbang mengemudikan kendaraan untuk inspeksi pasukan. Apalagi dengan Inspektur Upacara Presiden Republik Indonesia. 

Serda Bella menjadi perempuan peratama dalam upacara HUT TNI yang mengemudikan kendaraan inspeksi pasukan oleh presiden.Serda Bella menjadi perempuan peratama dalam upacara HUT TNI yang mengemudikan kendaraan inspeksi pasukan oleh presiden. (Foto: Istimewa)
Serda Bella bertugas di kesatuan Pasukan Pengamanan Presdien (Papampres). Perintah untuk mengemudikan kendaraan inspeksi pasukan langsung datang dari Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo kepada Komandan Paspampres.




Ini adalah kali pertama seorang prajurit wanita ditunjuk untuk mengemudikan kendaraan inspeksi pasukan pada peringatan HUT TNI. Dengan percaya diri dan melalui serangkaian latihan dan geladi pelaksanaan, tugas tersebut sukses dilaksanakan oleh dara kelahiran 19 Desember 1992 itu. 

"Awalnya saya masih ragu karena baru pertama kali mengemudikan kendaraan untuk pemeriksaan pasukan, apalagi saya dari wanita TNI dan yang terlebih lagi bahwa ini adalah upacara terbesar TNI", ujar wanita yang memulai karir militernya melalui bintara Kowad tahun 2013.

Java MAgazineSelain Serda (K) Bella Paramitha yang ditunjuk sebagai pengemudi kendaraan pemeriksaan pasukan, Serda (K) Dilla yang juga bertugas di Paspampres ditunjuk sebagai cadangan pengemudi. (Foto: Istimewa)
Selain ada keraguan dalam dirinya, Serda (K) Bella Paramitha merasa bahwa tugas ini merupakan suatu tantangan sekaligus kebanggaan yang harus dilaksanakan sebagai prajurit. 

"Di sisi lain, saya juga merasa bangga bahwa baru kali ini lah seorang prajurit TNI wanita mendapat tugas seperti ini. Saya sangat bersyukur dapat melaksanakan tugas ini dengan baik, apalagi Inspektur Upacara pada HUT ke-72 TNI ini Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo", tambahnya.

Selain Serda (K) Bella Paramitha yang ditunjuk sebagai pengemudi kendaraan pemeriksaan pasukan, Serda (K) Dilla yang juga bertugas di Paspampres ditunjuk sebagai cadangan pengemudi.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.