Header Ads

Destinasi Masa Depan saat Turis Kunjungi Mars



JavaMagazine - Berlibur ke luar angkasa nampaknya bukan lagi sebuah wacana. Berbagai badan antariksa telah memulai penelitian dan eksplorasi luar angkasa seperti Mars dan Bulan.

Dilansir dari Space.com, Mars merupakan planet yang kontras jika di bandingkan dengan Bumi. Planet yang dijuluki Planet Merah ini memiliki gunung berapi yang besar, ngarai yang dalam dan kawah yang mungkin menampung air mengalir.

Lokasi ini akan menjadi luar biasa jika bisa menjadi lokasi wisata para wisatawan di masa depan. Situs pendaratan untuk misi masa depan ini kemungkinan membutuhkan dataran datar untuk alasan keamanan.

Berikut adalah beberapa lokasi yang bisa dikunjungi orang Mars di masa depan.


1. Olympus Mons

Olympus Mons adalah gunung berapi paling ekstrem di tata surya. Menurut NASA, gunung ini terletak di wilayah vulkanik Tharsis dan ukurannya hampir sama dengan negara bagian Arizona.

Tingginya 25 kilometer membuatnya hampir tiga kali ketinggian Gunung Everest Bumi, yang tingginya sekitar 5,5 mil (8,9 km).

Olympus Mons adalah gunung api perisai raksasa, yang terbentuk setelah lava perlahan merangkak menuruni lerengnya. 

Hal ini menunjukkan bahwa gunung itu mungkin mudah untuk didaki oleh penjelajah masa depan, karena rata-rata kemiringannya hanya 5 persen. Pada puncaknya dibentuk oleh ruang magma yang kehilangan lava (kemungkinan selama letusan) dan runtuh.

2. Tharsis Volcanoes

Saat mendaki sekitar Olympus Mons, ada beberapa gunung berapi lainnya di wilayah Tharsis. Tharsis memiliki 12 gunung berapi raksasa di zona seluas kurang lebih 2500 mil (4.000 km), menurut NASA. 

Seperti Olympus Mons, gunung berapi ini cenderung jauh lebih besar daripada yang ada di Bumi, mungkin karena Mars memiliki tarikan gravitasi yang lebih lemah yang memungkinkan gunung berapi tumbuh lebih tinggi. Gunung berapi ini mungkin telah meletus selama dua miliar tahun, atau setengah dari sejarah Mars. 


3. Valles Marineris
3. Valles Marineris

Mars tidak hanya menjadi tuan rumah gunung berapi terbesar di tata surya, tetapi juga ngarai terbesar. Menurut NASA, Valles Marineris panjangnya sekitar 1850 mil (3000 km).

Panjang tersebut sekitar empat kali lebih lebar dari Grand Canyon, yang memiliki panjang sekitar 500 mil (800 km).


Para peneliti tidak yakin bagaimana Valles Marineris muncul, tetapi ada beberapa teori tentang pembentukannya. Banyak ilmuwan berpendapat bahwa ketika wilayah Tharsis terbentuk, ia berkontribusi pada pertumbuhan Valles Marineris. 

Lava bergerak melalui wilayah vulkanik mendorong kerak ke atas, yang memecah kerak menjadi patah di daerah lain. Seiring waktu, fraktur ini tumbuh menjadi Valles Marineris.

4. Kutub Utara dan Selatan

Layaknya Bumi, Mars memiliki dua daerah es di kutubnya, dengan komposisi yang sedikit berbeda. 

Kutub utara dipelajari dari dekat oleh pendarat Phoenix pada 2008, sedangkan pengamatan kutub selatan berasal dari pengorbit. Selama musim dingin, menurut NASA, suhu di dekat kutub utara dan selatan sangat dingin sehingga karbon dioksida mengembun dari atmosfer menjadi es, di permukaan.

Prosesnya terbalik di musim panas, ketika karbon dioksida menyublimasikan kembali ke atmosfer. Karbon dioksida benar-benar menghilang di belahan bumi utara, meninggalkan lapisan es air. 

Tetapi beberapa es karbon dioksida tetap berada di atmosfer selatan. Semua pergerakan es ini memiliki efek luas pada iklim Mars, menghasilkan angin dan efek lainnya.


5. Gale Crater & Aeolis Mons
5. Gale Crater & Aeolis Mons

Gale Crater adalah tuan rumah bagi banyak bukti air di masa lalu Planet Mars. Penelitian curiosity menemukan bukti air yang lebih luas sepanjang perjalanannya ke lantai kawah. Curiosity sekarang meneliti gunung berapi di dekatnya yang disebut Gunung Sharp (Aeolis Mons) dan melihat fitur geologis di setiap strata-nya.

Salah satu penemuan Curiosity yang lebih menarik adalah menemukan molekul organik yang kompleks di wilayah tersebut, pada beberapa kesempatan. Hasil dari 2018 diumumkan bawah organik yang ditemukan di dalam batuan berumur 3,5 miliar tahun. 


Bersamaan dengan hasil organik, para peneliti mengumumkan mereka menemukan konsentrasi metana di atmosfer berubah selama musim. Metana adalah elemen yang dapat diproduksi oleh mikroba, serta fenomena geologis, jadi tidak jelas apakah itu pertanda kehidupan.

6. Medusae Fossae 

Medusae Fossae adalah salah satu lokasi paling aneh di Mars, dengan beberapa orang bahkan berspekulasi bahwa itu memegang bukti semacam kecelakaan UFO. Penjelasan yang lebih mungkin adalah lokasi tersebut merupakan deposit vulkanik yang sangat besar, sekitar seperlima dari ukuran Amerika Serikat. 

Seiring waktu, angin memahat bebatuan menjadi beberapa formasi yang indah. Tetapi para peneliti akan membutuhkan lebih banyak studi untuk mempelajari bagaimana gunung berapi ini membentuk Medusae Fossae. Sebuah studi 2018 menunjukkan bahwa formasi itu mungkin terbentuk dari letusan gunung berapi yang sangat besar yang terjadi ratusan kali selama 500 juta tahun. 

Letusan-letusan ini akan menghangatkan iklim Planet Merah saat gas-gas rumah kaca dari gunung berapi melayang ke dalam.


7. Slope Lineae
7. Slope Lineae

Mars adalah tuan rumah untuk fitur aneh yang disebut lineae atau kemiringan berulang. Kemiringan ini cenderung terbentuk di sisi kawah curam selama cuaca hangat. 

Pada 2015, NASA awalnya mengumumkan bahwa garam terhidrasi harus menjadi tanda air mengalir di permukaan, tetapi penelitian kemudian mengatakan Slope Lineae dapat dibentuk dari air atmosferik atau aliran pasir kering.


Sementara NASA menemukan cara untuk menyelidiki di bawah protokol perlindungan planetnya, penjelajah manusia di masa depan mungkin harus mengagumi fitur-fitur misterius ini dari jauh, menggunakan teropong.

8. Ghost Dunes di Noctis Labyrinthus dan Hellas Basin

Mars adalah planet yang sebagian besar dibentuk oleh angin. Namun, ada pula yang mengungkapkan Mars dibentuk oleh air.

Salah satunya bukti luas tentang air masa lalu adalah daerah "bukit hantu" yang ditemukan di Noctis Labyrinthus dan cekungan Hellas. Para peneliti mengatakan daerah ini digunakan untuk menahan bukit yang tingginya puluhan meter. 
Kemudian, bukit pasir dibanjiri oleh lava atau air, yang melestarikan basis mereka sementara puncaknya terkikis.

Bukit pasir tua seperti ini menunjukkan bagaimana angin biasa mengalir di Mars kuno, yang pada gilirannya memberi petunjuk kepada ahli iklim tentang lingkungan kuno Planet Merah. Dalam twist yang bahkan lebih menarik, mungkin ada mikroba bersembunyi di daerah terlindung bukit pasir ini, aman dari radiasi dan angin yang kalau tidak akan menyapu mereka.

1 komentar:

  1. How do I make money from playing games and earning
    These are the three most kadangpintar popular forms of gambling, and are explained in a very nba매니아 concise and concise manner. 1xbet app The most common forms of goyangfc.com gambling are: หารายได้เสริม

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.