Header Ads

Manfaat Pepaya Bagi Ibu Hamil


JavaMagazine - Buah pepaya adalah salah satu buah yang mempunyai khasiat yang sangat baik bagi sistem pencernaan tubuh. Dengan mengonsumsi pepaya, sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil yang akan membantu kinerja sistem pencernaan.


Satu buah pepaya berukuran sedang, mengandung 29,8 gram karbohidrat dan 119 kalori. Bagi ibu hamil, dalam mengonsumsi makanan yang harus diperhatikan adalah makanan yang mengandung mineral dan vitamin. Ini penting bagi kesehatan janin maupun sang ibu.

Buah pepaya juga mengandung sejumlah nutrisi yang penting untuk tubuh dan kesehatan bagi para ibu hamil. Nutrisi yang ada dalam buah pepaya di antaranya adalah antioksidan, protein, mineral, asam folat, serat, vitamin dan nutrisi penting lainnya.
Buah pepaya juga mengandung sejumlah nutrisi yang penting untuk tubuh dan kesehatan bagi para ibu hamil. Nutrisi yang ada dalam buah pepaya di antaranya adalah antioksidan, protein, mineral, asam folat, serat, vitamin dan nutrisi penting lainnya. 

Kandungan nutrisi tersebut tentu saja memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan ibu hamil serta guna menunjang perkembangan janin di dalam kandungan. Dengan mengkonsumsi pepaya secara teratur selama masa kehamilan, tentu saja akan memberikan dampak baik untuk kesehatan kehamilan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari buah pepaya bagi ibu hamil yang jarang diketahui.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Pepaya sangat kaya akan vitamin A dan C, yang tentunya sangat bagus untuk tubuh dalam menunjang dan memperkokoh sistem kekebalan tubuh. Dengan mengkonsumsi buah pepaya dalam jumlah yang cukup dan secara teratur, membuat kita tidak akan mudah terserang penyakit terutama ketika sedang mengandung.

2. Mengatasi Masalah Morning Sickness

Permasalahan mual dan muntah atau yang sering disebut sebagai morning sickness yang dialami oleh ibu hamil adalah sebuah gejala yang normal dan wajar. Hanya saja kondisi ini seringkali membuat ibu hamil tidak nyaman dan kesulitan beraktivitas. 

Oleh karena itu, permasalahan ini harus ditangani dengan baik sehingga tidak memberikan dampak terhadap kesehatan lainnya. Konsumsilah buah pepaya di pagi hari untuk solusi menekan gejala morning sickness.

3. Melancarkan Pencernaan

Buah pepaya terkenal karena sangat ampuh untuk melancarkan sistem pencernaan. Hal ini disebabkan kandungan yang terdapat pada pepaya memiliki cukup serat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan usus, dan juga dapat meningkatkan proses pencernaan protein pada tubuh. 

Proses pencernaan protein sendiri adalah suatu gangguan kehamilan yang sering terjadi ketika masa kehamilan, sehingga buah pepaya tentu bermanfaat sekali untuk proses mempercepat pencernaan protein bagi para ibu hamil.

4. Bagus untuk Perkembangan Janin

Pepaya yang telah matang memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi, sehingga bagus untuk perkembangan janin di dalam kandungan. Inilah manfaat dari buah pepaya untuk ibu hamil yang bisa diperoleh. 

Tidak hanya baik untuk janin saja, buah pepaya ini juga cocok dikonsumsi untuk melancarkan sistem pencernaan. Karena jumlah serat di dalamnya bisa tidak bisa dibilang sedikit.

5. Mencegah Dehidrasi

Selain rutin minum air putih, ternyata buah pepaya juga bisa untuk mencegah dehidrasi. Terutama bagi ibu hamil, dimana kebutuhan cairan harus tercukupi dengan baik. Bila tidak, dehidrasi akan menyebabkan pusing dan lemas. 

Kandungan air yang ada pada buah pepaya dapat bemanfaat untuk menangkal dehidrasi dan dapat dijadikan pengganti cairan elektrolit yang hilang ketika beraktivitas.

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.