Header Ads

Mimpi Aneh Ungkap Penemuan Situs Peninggalan Majapahit

Image result for situs tarik sidoarjo
JavaMagazine ( Sidoarjo ) - Situs peninggalan Majapahit ditemukan di Desa Kedung Bocok, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur memastikan bangunan berbentuk dinding bata di Situs Alas Trik itu merupakan sisa-sisa peradaban Majapahit.
Kepala Seksi Perlindungan, Pengembangan, dan Pemanfaatan Cagar Budaya BPCB Jawa Timur Widodo, Rabu, 7 Februari 2018, mengatakan memang benar ditemukan sebuah situs di Desa Kedung Bocok dan penemuan itu diperkirakan merupakan bagian dari peradaban Kerajaan Majapahit.
"Kami masih harus melakukan kajian lebih dalam lagi untuk mengetahui keberadaan situs tersebut. Namun, kalau melihat strukturnya, situs itu merupakan bagian dari pagar," ujar Widodo, saat dikonfirmasi di lokasi penemuan situs.
Dia menjelaskan, dengan adanya penemuan itu, bisa disimpulkan bahwa di lokasi tersebut pernah ada peradaban manusia, termasuk dengan ditemukannya pecahan tembikar. "Untuk sementara ini, penggalian tersebut dihentikan karena untuk menggali sebuah situs diperlukan teknik dan keahlian sendiri. Salah satunya setiap 10 sentimeter harus dilakukan pendataan dan didokumentasikan secara lengkap," ucapnya.
Image result for situs tarik sidoarjoSebelumnya, warga Desa Kedung Bocok, Sidoarjo, Jawa Timur, menemukan sebuah susunan bata yang diduga sebagai situs purbakala peninggalan Kerajaan Majapahit. Kepala Desa Kedung Bocok Mochamad Ali Ridho mengatakan penemuan situs peninggalan Majapahit tersebut terjadi sepekan lalu, saat ada warga yang akan menanam ketela.
"Saat itu, Paiman, salah seorang warga kami, menggali tanah yang akan digunakan untuk menanam ketela. Namun, saat menggali tanah, tiba-tiba cangkulnya mengenai batu bata. Kemudian, setelah digali, ternyata berupa batu bata yang tersusun rapi," tutur Ali.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.