Header Ads

Gempa Meksiko Berkekuatan 7,2 Magnitudo

Sejumlah pegawai berhamburan keluar kantor dan gedung usai diguncang gempa bumi di Veracruz, Meksiko, 16 Februari 2018. Pusat gempa dilaporkan di 33 mil (53 kilometer) laut timur Pinotepa de Don Luis, negara bagian Oaxaca, di kedalaman 24 km.
JavaMagazine ( Meksiko City ) – Sebuah gempa besar mengguncang Meksiko tengah dan selatan dengan kekuatan sekitar 7,2 magnitudo pada Jumat, 16 Februari 2018 waktu setempat.  Sejauh ini, tidak ada korban jiwa atau gedung runtuh akibat gempa ini.
Pusat gempa berada di lepas pantai Pasifik dekat dengan negara bagian Oaxaca dan memiliki kedalaman sekitar 24,6 kilometer. Ini berdasarkan data yang dirilis Badan Survei Geologi Amerika Serikat. Getaran ini terasa jauh ke selatan hingga Guatemala.
Saat ini, bagian selatan dan ibu kota Meksiko masih berupaya bangkit dari dampak gempa yang terjadi pada September 2017.
“Menteri Dalam Negeri Alfonso Navarrete mengatakan gempa menimbulkan kerusakan ringan di beberapa gedung di Oaxaca tapi tidak ada korban tewas,” begitu dilansir Reuters, Sabtu, 17 Februari 2018.
Sejumlah gambar, yang beredar di sosial media, menunjukkan bata dan pecahan bangunan berserakan dan produk makanan jatuh dari rak di supermarket.
Di ibu kota Mexico city, bangunan bertingkat bergoyang selama sekitar satu menit seiring dibunyikannya alarm gempa. Beberapa bangunan tua di daerah mewah Condesa berbenturan dan beberapa retakan terlihat di tembok.
Patricia Gutierrez, seorang guru Inggris berusia 66 tahun, mengatakan dia sedang tidur bersama cucu berusia 11 tahun, Juliet, saat alarm gempa terdengar.
“Cucu saya mendengar bunyi alarm itu. Saat saya terbangun, saya lihat matanya ketakutan. Dia tidak mengatakan apa apa,” kata Gutierrez, yang langsung keluar dari apartemennya di bagian bawah sebelum goncangan besar terasa. “Saya tinggalkan semua kecuali sepatu dan bayi ini,” kata dia.
Guadalupe Martinez, pensiunan 64 tahun, mengatakan dia masih merasa terkejut akibat gempa ini. Namun, goncangan kali ini jauh berbeda dengan goncangan yang terjadi di Meksiko pada September 2017. “Kali ini goncangan gempa terasa kuat tapi tidak naik-turun,” kata dia.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.