Header Ads

5 Destinasi Wisata Disiapkan untuk Pertemuan IMF-World Bank

5 Destinasi Wisata Disiapkan untuk Pertemuan IMF-World Bank
JavaMagazine ( Jakarta ) - Pemerintah dan Bank Indonesia menyiapkan enam destinasi wisata tambahan yang berlokasi di luar Bali untuk meningkatkan kegiatan ekonomi yang dilakukan anggota delegasi Pertemuan Tahunan International Monetary Fund-World Bank pada 8-14 Oktober 2018.
"Kementerian Pariwisata akan menyiapkan minimal enam destinasi, antara lain Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Danau Toba Sumatera Utara, Candi Borobudur, dan Banyuwangi," kata Kepala Unit Kerja Pertemuan Tahunan IMF- World Bank 2018 Peter Jacobs di Jakarta, Senin, 26 Februari 2018.
Destinasi wisata di luar Bali, kata Peter, memang dioptimalkan untuk menambah ragam wisata bagi 15 ribu anggota delegasi dari 189 negara anggota IMF-WB. Slot penerbangan serta akses transportasi darat dan laut saat rangkaian pertemuan juga akan ditambah untuk menambah konektivitas.
"Panitia juga akan menambah akses transportasi seperti penerbangan dan transportasi darat. Jadi manfaat yang terasa bukan hanya di Bali," ujar dia.
Keenam destinasi wisata tersebut merupakan enam dari 10 lokasi wisata yang menjadi prioritas pemerintah untuk dikembangkan pada tahun ini. "Kami tidak akan batasi, bisa saja lebih dari enam destinasi wisata. Sejak sekarang kami persiapkan, karena rangkaian acara pertemuan tahunan akan ada sepanjang tahun," ujarnya.
Khusus saat perhelatan acara 8-14 Oktober 2018, panitia penyelenggara memperkirakan akan terdapat tambahan perputaran uang minimal US$100 juta atau Rp 1,3 triliun (kurs 1 dolar AS Rp 13.500).
Nilai perputaran uang itu juga belum ditambah dengan kesepakatan investasi atau perjanjian bisnis yang akan disetujui para delegasi dalam rangkaian pertemuan tersebut.
Panitia penyelenggara memperkirakan pertemuan tahunan IMF-WB 2018 akan mendatangkan 4.000 anggota delegasi resmi setingkat menteri, gubernur bank sentral beserta jajarannya dari 189 negara anggota IMF-WB. Delegasi juga akan mencakup 5.000 investor, 1.000 peninjau, 1.500 karyawan IMF dan World Bank, ribuan pengusaha, serta 1.000 wartawan.
Puncak pertemuan IMF-WB 2018 akan berlangsung pada 12-14 Oktober 2018. Namun, acara sela seperti diskusi dan pertemuan bisnis dalam rangkaian pertemuan tersebut akan berlangsung sejak 8-14 Oktober 2018.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.